Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru, ikuti kami di Facebook sekarang

Perkembangan industri Blockchain semakin masif dan menunjukkan tren yang positif di masyarakat. Hal ini tentunya berkat peran para influencer dan berbagai perusahaan baru yang bergerak di bidang Cryptocurrency. Salah satunya dengan kehadiran Tokocrypto: Aplikasi Trading Crypto Indonesia yang merupakan salah satu exchange crypto terbesar di Indonesia.

Nah, apa sih Tokocrypto itu? Mari kita bahas selengkapnya dalam artikel ini.

Daftar Isi

Apa itu Tokocrypto?

Tokocrypto adalah pedagang aset kripto di Indonesia yang terdaftar resmi di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan RI.

Tokocrypto berkomitmen memperluas pemanfaatan teknologi blockchain di Indonesia, dengan menghadirkan TokoVerse sebuah ekosistem blockchain yang mencakup TKO (proyek kripto lokal pertama Indonesia dengan token hybrid CeDeFi), T-Hub (hub untuk komunitas kripto & blockchain), TokoMall (platform NFT marketplace), TokoCare (program CSR berbasis blockchain), dan TokoLabs (program inkubator dan akselerator yang mendorong bisnis dan inovasi blockchain di Indonesia) dan lainnya.

Fitur dalam Tokocrypto

Dalam perjalanannya, Tokocrypto telah menunjukkan komitmennya untuk membangun ekosistem blockchain yang berkelanjutan di Indonesia. TokoVerse adalah ekosistem berbasis kripto yang memanfaatkan kombinasi sinergis dari domain Decentralized Finance (DeFi), GameFi dan Non-fungible token (NFT). TokoVerse akan mengembangkan ekosistem blockchain Indonesia melalui Tokocrypto exchange, TokoMall, TokoCare, TokoScholars, TokoLabs, T-Hub dan banyak lagi.

Dengan misi untuk mengenalkan dan memajukan industri blockchain di tanah air, Tokocrypto berusaha untuk memberikan manfaat untuk masyarakat. Berikut fitur yang ditawarkan Tokocrypto.

1. TokoMall

TokoMall adalah pelopor NFT marketplace yang diluncurkan Tokocrypto pada Agustus 2021. TokoMall hadir dengan misi pemberdayaan potensi kreator lokal Indonesia dalam berbagai bidang kreatif untuk mengakses pasar global melalui pemanfaatan NFT. Misi TokoMall adalah digital NFT meets reality.

TokoMall kini telah memiliki lebih dari 80 partner, lebih dari 10.000 kolektor, dan lebih dari 8.000 koleksi NFT. Setiap bulannya, TokoMall aktif menghadirkan kelas-kelas edukasi NFT dengan komunitas dan kreator yang diadakan di akun YouTube Tokocrypto maupun diskusi di channel Discord. Untuk bergabung di TokoMall sebagai kolektor ataupun kreator, bisa mengakses www.tokomall.io

Baca Juga:   Ketika Waktu juga adalah Uang (Time Value of Money)

2. TokoCare

TokoCare merupakan inisiatif Tokocrypto dalam ranah corporate social responsibility (CSR) yang mengusung KolaborAKSI (berkolaborasi dan beraksi). Melalui TokoCare, Tokocrypto menjalankan berbagai program CSR bersama dengan mitra untuk menanggulangi isu sosial.

TokoCare telah berpartisipasi dalam berbagai inisiatif sosial, termasuk selama krisis tabung oksigen COVID-19 pada Agustus 2021. TokoCare membantu distribusi tabung oksigen ke rumah sakit di beberapa daerah, serta upaya penggalangan dana sebagai bagian dari inisiatif OxygenForIndonesia melalui lelang NFT yang menghasilkan 222 Ethereum (ETH) setara dengan $700.000 dalam waktu kurang dari 4 jam.

Tokocrypto: Aplikasi Trading Crypto Indonesia

Tokocrypto: Aplikasi Trading Crypto Indonesia

3. Kriptoversity

Tokocrypto menghadirkan Kriptoversity, aplikasi edukasi tentang aset kripto dan ekosistem blockchain yang dapat diakses dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Aplikasi Kriptoversity tersedia gratis di Google Play Store dan Apple Apps Store.

Para pengguna Kriptoversity dapat memilih topik yang ingin dipelajari, mulai dari pengenalan terhadap teknologi blockchain, praktik blockchain, peer-to-peer (P2P), hingga tentang proyek-proyek token/koin kripto.

4. T-Hub

T-Hub adalah inisiatif Tokocrypto dalam menghadirkan ‘rumah’ yang terbuka bagi para antusias serta komunitas untuk memberdayakan sistem finansial dan investasi yang inklusif di Indonesia. T-Hub hadir sebagai sarana bagi masyarakat untuk belajar, berinteraksi, berinovasi dan berkolaborasi antar komunitas serta memahami lebih dalam mengenai teknologi blockchain dan juga aset kripto.

Tokocrypto: Aplikasi Trading Crypto Indonesia

5. TKO

TKO adalah token aset kripto utilitas yang dibuat oleh Tokocrypto. TKO merupakan proyek kripto lokal Indonesia pertama yang beroperasi berdasarkan model token hybrid unik yang menggabungkan utilitas Centralized Finance (CeFi) dan Decentralized Finance (DeFi).

Proyeksi TKO adalah menjadi BNB Indonesia. TKO akan menjadi jembatan yang menghubungkan antara penduduk Indonesia dengan dunia secara finansial. Utilitas TKO sebagai pusat dari TokoVerse, ekosistem blockchain yang dibangun oleh Tokocrypto, seperti: TokoLabs, TokoCare, T-Hub, TokoMall, TokoScholars dan lainnya.

Baca Juga:   Gratis! Dapatkan Hundred Days - Winemaking Simulator di Epic Games Store

6. TokoNews

TokoNews adalah platform portal berita agregator terkait blockchain dan aset kripto. TokoNews hadirkan berbagai berita terbaru dalam maupun luar negeri, serta update terkini terkait Tokocrypto.

7. TokoLabs

TokoLabs diluncurkan oleh Tokocrypto untuk mendukung proyek dan startup blockchain tumbuh dengan dukungan teknologi, akses ke jaringan dan kesempatan pendanaan melalui program inkubasi dan akselerasi mutakhir yang melibatkan berbagai tokoh-tokoh blockchain internasional.

TokoLabs telah sukses menginkubasi puluhan proyek dan startup blockchain dan kini bekerja sama dengan BRI Ventures melalui Tokocrypto Sembrani Blockchain Accelerator (TSBA) untuk membawa proyek blockchain Indonesia ke panggung dunia, dan mendorong percepatan adopsi tekonologi blockchain yang bermanfaat.

8. TokoScholars

TokoScholars merupakan salah satu inisiatif dari Tokocrypto dalam memberikan edukasi terkait kripto dan teknologi blockchain dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan market dan literasi kripto di Indonesia. TokoScholars juga telah bekerja sama dengan program Kampus Merdeka untuk mengakomodasi inisiatif peningkatan kapasitas dan pelatihan di tempat kerja bagi mahasiswa Indonesia.

TokoScholars juga menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Telkom University dan Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendirikan pusat inovasi blockchain dan aset kripto

Cara Daftar Tokocrypto

Cara untuk mendaftar di Tokocrypto sangat mudah. Kamu cukup menyediakan email, password, dan KTP untuk keperluan verifikasi. Berikut stepnya.

  • Klik “Buat Akun Tokocrypto” dan klik “Daftar”.
  • Masukkan alamat email, password, konfirmasi kata sandi, ID Referensi untuk mendapatkan cashback, dan centang saya telah membaca dan setuju dengan Ketentuan Penggunaan, dan klik “Daftar”.
  • Cek email konfirmasi pendaftaran akun.
  • Pendaftaran akun berhasil.

Cara Deposit Tokocrypto

Saat ini, pengguna dapat memilih 3 cara untuk deposit dana di Tokocrypto, antara lain:

  • GOPAY
  • Bank Mandiri
  • Bank Permata
Baca Juga:   Apa itu PDF: Sejarah dan Cara Membuatnya

*Jumlah minimal setoran sebesar Rp50,000.

Jika Anda melakukan setoran, maka dana akan masuk dalam bentuk BIDR. BIDR adalah koin stabil yang mengikuti nilai Rupiah. Apabila Anda menyetor uang sebesar Rp50.000, maka dana di akun Anda akan tertulis 50.000 BIDR.

Setelah dana masuk, Anda bisa mulai investasi aset kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, atau Binance Coin. Ketika melakukan pembelian koin kripto, Anda bisa melihat segala transaksi jual beli di order book. Order book memudahkan setiap investor untuk melihat waktu yang tepat dan harga yang terbaik untuk jual beli koin kripto.

Tokocrypto: Aplikasi Trading Crypto Indonesia

Jika Anda suka beberapa koin kripto, maka Anda bisa klik favorit koin kripto untuk memudahkan proses trading selanjutnya.

Penutup

Investasi dan jual beli menjadi sangat mudah dilakukan semenjak kehadiran exchange lokal yang menyediakan berbagai pilihan deposit dengan channel pembayaran lokal. Selain itu, dengan dukungan dari berbagai pihak dan kemunculan banyaknya komunitas crypto dapat membantu masyarakat lebih mengenal Blockchain khususnya Cryptocurrency.

Gimana sudah tertarik untuk mencoba berjual beli aset Crypto? sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Referensi

Wikipedia. Tokocrypto. Diakses pada 8 September 2022.

Finance. Tokocrypto. Diakses pada 8 September 2022.

❤ Keep in touch with us!

Telegram Channel: https://t.me/ineetmedia
Telegram Group: https://t.me/ineet_media