Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru, ikuti kami di Facebook sekarang

Mengenal Blogger, Platform Blogging untuk Pemula. Meskipun saya menyebutkan kata “untuk Pemula” tapi bukan berarti Blogger ini hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang baru mulai masuk dunia blogging ya. Lebih tepatnya, bagi Anda yang ingin mencoba blogging, Blogger bisa jadi pilihan paling tepat untuk mengenal fitur dan poin-poin saat blogging.

Blog dikenal pengguna internet sebagai tempat informasi yang menyajikan artikel-artikel dan tulisan-tulisan yang dibuat oleh seorang blogger. Blog sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1993 dan pada waktu itu bentuk blog masih sangat sederhana. Berbeda sekali dengan blog-blog yang sudah tersebar di media internet sekarang. Hal ini didukung karena banyak sekali platform pembuat blog yang bisa digunakan oleh calon blogger.

Platform yang sering dipakai untuk membuat blog pastinya banyak yang sudah mengetahuinya. Platform-platform seperti WordPress, Blogger, Weebly, Wix, dan masih banyak lagi. WorPpress dikenal sebagai platform dengan market share terbanyak yang digunakan sekarang mencapai 51,6%. Berbanding terbalik dengan blogger yang hanya memiliki market share hanya sebesar 2% di dunia. Namun, bukan berarti Blogger ini kalah bagus dengan WordPress, justru Blogger yang sudah diakuisisi Google ini bisa bersaing kedepannya dengan WordPress.

Nah, sudah penasaran dengan apa itu Blogger? Mari kita bahas secara tuntas di artikel ini. Cuss~

Apa itu Blogger?

Secara umum Blogger adalah salah satu dari sekian platform yang menyediakan layanan untuk menerbitkan sebuah blog. Di dalam Blogger sebuah blog bisa dibuat dengan mudah sekali dengan banyak fitur-fitur yang terdapat pada Blogger yang bermanfaat bagi pembuat blog zaman sekarang.

Mengenal Blogger, Platform Blogging untuk Pemula 1

Mengenal Blogger, Platform Blogging untuk Pemula

Sejarah Blogger

Siapa yang tidak kenal platform yang diakuisisi oleh Google sejak 2003 ini. Blogger adalah sebuah platform layanan penerbitan blog yang dimiliki Google. Platform blog ini memberikan kelebihan-kelebihan seperti kemudahan, aksesibilitas, dan gratis saat digunakan bagi para pembuat blog. Blogger sangat cocok bagi pembuat blog yang tidak ingin susah-susah menerbitkan sebuah artikel, tulisan, dan lain-lain. Ciri khas dari platform blogger ini yang banyak dijumpai para pengguna internet pada situsnya adalah penggunaan domain www(dot)blogspot(dot)com.

Penggunaan platform blogger ini ibarat menyewa sebuah apartemen. Meskipun menyewa di dalam apartemen, pengguna tetap bisa mengelola apa yang ada di dalam apartemennya ini mulai dari perabotan, ruangan, dan lain-lain. Di Blogger pengguna bisa mengelola aktivitas blogging mereka. Banyak fitur-fitur yang bermanfaat yang dapat dimanfaat oleh pengguna untuk meningkatkan aktivitas blogging mereka lakukan serta semua fungsionalitas dan desain yang disertakan di dalam platform Blogger ini berfungsi dengan mulus dan baik sebagai platform.

Hal inilah yang memungkinkan pengguna memiliki desain, tata letak, dan konten drag dan drop. Satu catatan terpenting tentang Blogger adalah bahwa platform ini berfokus 100% pada blogging saja. Tentu hal ini sangat sedikit dalam hal manajemen konten. Google sendiri juga memiliki produk yang disebut Situs Google yang berfokus pada situs web statis. Sejarah mengenai blog pastinya tidak lepas dengan istilah weblog. Istilah Weblog diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Kemudian pada tahun 1999 platform Blogger dirilis oleh Pyra Labs.

Baca Juga:   Mengenal Generasi Prosesor Intel Yang Ada Sampai Sekarang

Selang beberapa tahun kemudian pada akhir tahun 2002, Blogger resmi menjadi bagian dari Googe setelah platform ini diakuisisi. Setelah diakuisisi Google, Blogger mengalami banyak perubahan terutama pada fitur premium yang ditawarkan Blogger yang sebelumnya berubah menjadi gratis sejak platform ini dibawahi Google. Selain itu, pada tahun berikutnya Blogger melakukan desain ulang pada tampilannya dengan menambah beberapa fitur seperti template standar web, halaman arsip individu, komentar, dan posting melalui email dan pada tahun 2006 Blogger resmi beralih ke server milik Google.

Fitur-Fitur pada Blogger

Fitur-fitur yang dimiliki blogger ini sangat variatif dan bagi seorang blogger pemula fitur yang ada di dalam blogger pastinya cukup membingungkan. Semua fitur yang disediakan Blogger ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu karena Blogger berupaya untuk membuat platform layanan yang easy to use bagi penggunanya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat pada Blogger.

1. Template Designer

Buka tab “Templat” dan tekan tombol Kustomisasi. Dari sana, pengguna dapat menyesuaikan hampir setiap tool template yang sebelumnya sudah diinstal. Pengguna dapat mengubah lebar kolom utama dan bilah sisi, menyesuaikan gambar latar belakang, dan bahkan memindahkan berbagai elemen blog (header, footer, sidebars). Tab Tingkat Lanjut memungkinkan pengguna menyesuaikan font, ukuran, dan warna setiap elemen blog terakhir, dari tautan ke tajuk utama, poskan teks, dan semua yang ada di antaranya.

2. Earning Tabs

Fitur ini mungkin fitur yang paling disukai bagi semua blogger yang ingin mencari penghasilan lewat karya yang mereka unggah. Dari halaman admin Blogger, pengguna akan menemukan tab di sebelah kiri yang disebut “Penghasilan.” Ini memungkinkan pengguna menautkan blog ke akun Google AdSense. AdSense secara otomatis mendeteksi isi pokok posting blog dan menampilkan iklan yang relevan kepada pembaca, agar mereka kemudian dapat memperoleh uang (biasanya beberapa sen) per klik atau tayangan iklan.

3. Stats Tab

Fitur stats ini sangat wajib diketahui bagi para blogger karena lewat fitur ini para pengguna bisa tahu tentang para pembaca yang membaca postingan yang mereka unggah. Blogger membuat fitur ini sangat mudah untuk ditemukan. Pengguna Blogger tidak perlu memasang kode pelacakan atau plugin apa pun. Cukup buka tab “Stats” dan Pengguna akan melihat berapa banyak tampilan halaman yang mereka miliki hari ini, kemarin, di bulan lalu, dan sejak blog dibuat. Anda juga dapat memeriksa lalu lintas per pos, dan dari mana trafik para pengunjung blog berasal.

4. Blogger Buzz

Blogger Buzz hanyalah sebuah blog tentang Blogger yang mungkin terlihat agak terlalu meta, tetapi sebenarnya sangat berguna. Fitur ini diisi dengan posting dari orang-orang yang bekerja di balik layar Blogger yang menjelaskan cara menggunakan fitur Blogger, mengumumkan fitur-fitur baru saat tersedia, dan menawarkan tips tentang cara memaksimalkan blog yang dimiliki pengguna.

Baca Juga:   Membuat Hotspot WiFi Langsung tanpa Software di Laptop Windows 10

5. Google Video

Blogger terintegrasi dengan layanan Google lainnya, yang membuat menambahkan video ke posting blog Anda cukup mudah. Ada tombol video di bagian atas formulir “Buat posting baru”. Itu membuka kotak pilihan dengan beberapa opsi. Pengguna dapat mencari video di YouTube untuk ditanamkan di postingan, atau menambahkan video pengguna sendiri yang sudah di unggah ke YouTube.

6. Blogging By Phone

Apabila calon pengguna Blogger adalah seseorang yang memiliki mobilitas yang tinggi maka cocok sekali untuk menggunakan fitur yang satu ini. Fitur Blogging By Phone memungkinkan pengguna melakukan aktivitas blogging melalui smartphone mereka. Pengguna hanya perlu mengirim teks ke Blogger dan setelah itu akan mendapatkan kode registrasi yang dapat digunakan untuk membuat blog seluler baru, atau tautan ke blog Blogger yang sudah ada sebelumnya. Setelah terdaftar, pengguna dapat mengirim foto dan teks ke blog melalui pesan teks dan seluruh proses dan daftar perintah dapat ditemukan di Blogger on the Go.

7. Team Blogging

Menjaga blog terus diperbarui perlu kerja keras yang sangat tinggi. Jika pengguna melakukan pengelolaan sendir terhadap konten di situs Blogger mereka. Terdapat fitur yang terdapat di Blogger yang dapat dilakukan penggunanya untuk berkolaborasi dengan tim yang dimilikinya. Apabila pengguna dapat mengumpulkan tim blogger, blog tidak hanya akan memiliki lebih banyak konten, tetapi pengguna akan mendapat manfaat dari beragam ide dan gaya penulisan.Caranya adalah dengan blog harus dibuat oleh satu orang di bawah akun Google utama. Lalu, buka tab “Pengaturan” dan subtab “Dasar”. Di bawah Izin adalah opsi untuk Menambahkan Penulis. Tambahkan penulis dengan memasukkan alamat email yang harus memiliki akun Google agar ini berfungsi, tetapi jika tidak, undangannya akan memungkinkan

8. Blogger Widgets

Widgets adalah semacam skrip yang bisa dimasukkan ke dalam blog seorang pengguna blogger. Widgets ini dapat memberikan sebuah fungsionalitas tambahan. Pengguna dapat menambahkannya melalui tab yang berada di Blogger yaitu tab Layout. Pada bagian tertentu pengguna dapat menemui beberapa opsi seperti opsi “add a gadget”. Gadget sendiri diistilahkan sebagai widget in housenya Google. Gadget ini memiliki manfaat yang begitu banyak seperti menampilkan blog populer yang dimiliki pengguna, postingan terbaru dari media sosial Twitter pengguna, dan bahkan menerjemahkan tulisan ke bahasa lain.

Fungsi Blogger sebagai Sebuah Website

Pada umumnya fungsi yang dimiliki oleh Blogger adalah sebagai sebuah platform penerbitan blog. Di dalam blogger ini penggunanya dapat menerbitkan karya-karya tulis yang dimilikinya. Mulai dari artikel, karya tulis, esai, dan berbagai tulisan lainnya. Untuk mewadahi semua kepentingan ini maka Blogger memudahkan berbagai penggunanya ketika ingin mempublikasikan sebuah tulisan.

Blogger dapat juga menjadi sumber penghasilan bagi penggunanya. Situs blogger dapat dimanfaatkan para penggunanya sebagai platform menulis apapun, entah itu menulis sesuai dengan apa yang ditekuni di bidangnya, jurnal pribadi, sebagai laman portofolio hingga menjadikanya sebagai laman e-commerce. Semua ini memungkinkan karena Blogger memberikan banyak tema dan template yang beragam untuk semua penggunanya.

Mengenal Blogger, Platform Blogging untuk Pemula

Mengenal Blogger, Platform Blogging untuk Pemula

Kelebihan Blogger sebagai Platform Blogging

Blog memiliki banyak keunggulan yang menjadi alasan banyak para pengguna atau calon pembuat blog menaruh pilihan pada platform ini. Banyak sekali orang-orang dari dulu yang tetap konsisten mengembangkan platform ini dan tetap eksis. Sebab banyak sekali keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna Blogger seiring berkembangnya fitur-fitur yang dimiliki Blogger ini. Apalagi sejak Blogger dimiliki oleh Google, semua aplikasi yang dimiliki Google maupun pelayanannya bisa terintegrasi melalui Blogger ini. Berikut ini adalah keunggulan-keunggulan yang dimiliki pengguna Blogger.

Baca Juga:   iPhone 14 Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

1. Biaya Gratis

Layanan yang diberikan Blogger bisa digunakan gratis oleh para penggunanya. Salah satu layanan gratis yang diberikannya adalah subdomain blogspot(dot)com. Di dalam Blogger juga terdapat banyak sekali resources yang bisa digunakan oleh penggunanya. Selain itu, untuk website blog yang dimiliki pengguna Blogger juga diberikan gratis sertifikasi SSL. Terdapat layanan domain mapping yang dapat digunakan oleh pengguna blogger untuk membeli domain secara kostum.

2. Memiliki Tampilan Sederhana

Blogger terkenal memiliki tampilan yang sederhana dan cukup mudah digunakan bagi mereka blogger pemula. Apabila pengguna blogger adalah seorang pengguna akun Gmail dan YouTube. Mereka juga dapat langsung melakukan sign in di situs Blogger dan pengguna dapat menjalankan satu blog atau puluhan blog. Antarmuka minimalis dan sebagian besar cukup jelas.

3. Integrasi Layanan Google

Setelah Google diakuisisi oleh Google sejak 2003 silam membuat Blogger sepenuhnya dibawah kendali dari Google. Meskipun memang Blogger bukan merupakan produk favorit dari Google tetapi tetap Blogger berada di dalam ekosistem Google. Apabila pengguna memiliki akun Google maka sama saja mereka sudah memiliki akun Blogger. Dari performa kecepatan yang dimiliki Blogger hal itu sudah ditangani oleh Google secara penuh sehingga pengguna Blogger tidak perlu pusing-pusing berpikir tentang performa dari situsnya dan pengguna tinggal mengurusi konten yang akan diunggah saja.

4. Konsistensi Layanan Blogger

Meskipun Blogger populer dikalangan pemilik blog dan website, Blogger sedniri juga melakukan upgrade atau menaiktarafkan layanan dan fitur- fitur mereka. Anda dapat melihat tampilan team dan template yang lebih luas dari sebelumnya dan tambahan fitur yang minimalis namun fungsional.

Penutup

Secara umum dan keseluruhan, cara kerja Blogger sangat mudah. Platform ini bekerja sebagai media penerbitan tulisan secara online. Blogger dapat langsung diakses menggunakan akun Google yang dimiliki penggunanya. Saat masuk situs Blogger pengguna akun Google bisa langsung melakukan sign in, selanjutnya bagi para pengguna Blogger dapat langsung menampilkan atau memposting tulisannya dengan menggunakan fitur customize template. Di dalam fitur tersebut terdapat awal dari pembuatan template situs website yang dimiliki oleh pengguna Blogger.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh blogger juga cukup banyak mulai dari tampilan yang sederhana sehingga dari penggunanya cocok bagi para blogger pemula. Selain itu Blogger juga didukung dengan layanan-layanan Google seperti Picasa, Youtube, yang apabila pengguna Blogger memiliki konten di platform tersebut bisa langsung menautkannya juga pada postingan-postingan pengguna di Blogger. Demikianlah pembahasan mengenai Mengenal Blogger, Platform Blogging untuk Pemula.

❤ Keep in touch with us!

Telegram Channel: https://t.me/ineetmedia
Telegram Group: https://t.me/ineet_media