Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru, ikuti kami di Facebook sekarang

6 Komunitas NFT di Indonesia. Belakangan ini, non-fungible token (NFT) menjadi salah satu tren yang menyita perhatian publik berkat potensi keuntungan yang mampu diperoleh. Sayangnya, tidak semua NFT bisa terjual dengan harga fantastis di marketplace NFT. Bagi kamu kreator dan investor pemula di bidang NFT, bisa bergabung dengan komunitas-komunitas NFT Indonesia berikut untuk menambah ilmu dan koneksi.

Apa itu Komunitas NFT?

Komunitas NFT adalah kelompok yang membahas tentang berbagai hal mengenai NFT mulai dari dasar-dasar di balik teknologi NFT, cara berinvestasi NFT serta informasi terbaru mengenai proyek-proyek NFT. Komunitas NFT dapat kamu temukan di Telegram, Discord, Instagram, maupun kanal media sosial lainnya.

6 Komunitas NFT di Indonesia

6 Komunitas NFT di Indonesia

Fungsi dan Manfaat Komunitas NFT

Berikut beberapa manfaat dari bergabung di Komunitas NFT

1. Sarana Promosi Karya NFT

Alasan pertama pentingnya komunitas NFT bagi kreator adalah sebagai sarana promosi karya NFT. Pasalnya, suatu komunitas NFT umumnya tak hanya beranggotakan para kreator, melainkan juga para kolektor alias penggemar karya NFT dengan genre tertentu.

Dengan bergabung dalam komunitas NFT, kamu dapat meningkatkan eksposur dari karya NFT yang kamu buat dengan mempromosikan karya tersebut pada komunitas bersangkutan. Sederhananya, komunitas NFT dapat menjadi pangsa pasar baru yang dapat kamu menangkan untuk meningkatkan value atau sekedar tempat untuk bertemu dengan pembeli dari karya NFT yang telah kamu buat.

Baca Juga:   Apa itu Blockchain: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

2. Berbagi Pengalaman

Bagi kreator yang masih awam mengenai platform dan cara kerja NFT, kreator lain yang bergabung pada komunitas NFT dapat membantu memberikan jawaban dengan cara membagikan pengalaman mereka atau memberi edukasi yang relevan dengan topik tertentu yang kamu tanyakan. Selain wawasan, bergabung dengan komunitas NFTjuga membantu kamu memperoleh berbagai update terkini mengenai dunia NFT.

3. Sumber Inspirasi

Tak hanya menjadi sarana promosi dan forum diskusi, kamu juga bisa menjadikan komunitas NFT sebagai tempat atau referensi untuk mencari inspirasi yang bermanfaat untuk mengembangkan karya NFT baru yang sedang kamu garap.

Kamu bisa saling bertukar pikiran dengan kreator NFT yang memiliki genre karya serupa atau bahkan saling berbagi sumber referensi yang dapat memunculkan inspirasi baru.

6 Komunitas NFT di Indonesia

Seiring dengan meningkatnya popularitas NFT di mata publik, maka semakin banyak pula jumlah komunitas NFT di Indonesia. Berikut ini kami berhasil merangkum 5 komunitas NFT di Indonesia yang skalanya cukup besar sebagai referensi:

1. IDNFT

Salah satu komunitas NFT terbesar di Indonesia adalah Indonesian NFT Community atau juga dikenal sebagai IDNFT. Komunitas ini memiliki visi yang luar biasa, yakni merangkul, mendidik, dan memberdayakan kreator NFT asal Indonesia. Meskipun memiliki visi merangkul kreator, nyatanya komunitas ini terdiri dari kreator dan kolektor.

Dalam rangka pemenuhan visinya, IDNFT melakukan kolaborasi dengan berbagai jaringan blockchain untuk memberikan kesempatan whitelist NFT bagi para kreator yang ingin bergabung.

2. Pintu Indonesia

Di posisi kedua, ada komunitas Pintu ID. Pintu sebenarnya merupakan suatu aplikasi jual beli crypto di Indonesia. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai artikel edukasi, forum diskusi, update berita terkini mengenai kondisi pasar crypto hingga komunitas crypto dan NFT.

Baca Juga:   Apa itu Anonimitas dalam Dunia Blockchain?

Baru-baru ini, Pintu mengadakan giveaway airdrop NFT gratis dengan total mencapai jutaan rupiah yang terdiri dari NFT Beans, 3 NFT Karafuru Genesis, 9 NFT Karafuru yang berkolaborasi dengan Hypebeast dan Atmos, dan 2 NFT Karafuru Surprise.

3. IndoArtNow

Komunitas NFT berikutnya adalah IndoArtNow. Komunitas ini bisa dikatakan cukup terkenal sebab hingga kini anggotanya telah mencapai lebih dari 1.000 orang dan terdiri dari kreator serta kolektor NFT. Untuk bergabung dengan komunitas IndoArtNow, kamu bisa mengakses Twitter dan mencari akun @IndoArtNowNFT.

4. Kreavi

Selanjutnya, ada pula komunitas NFT yang menjunjung tinggi talenta kreatif Indonesia, yakni Kreavi NFT. Kreavi merupakan suatu komunitas NFT yang didirikan khusus sebagai wadah bagi para kreator NFT asal Indonesia. Hingga kini, komunitas ini memiliki sebanyak 334 anggota aktif yang tergabung melalui aplikasi Telegram.

Selain membantu para kreator mempromosikan karya, Kreavi NFT juga gencar melakukan siaran langsung untuk memberikan edukasi tentang NFT. Informasi lengkap mengenai komunitas NFT ini dapat kamu temukan di laman resmi Kreavi. Kamu juga bisa mengunjungi website tersebut jika berminat untuk melihat-lihat karya NFT asal seniman Indonesia.

5. Gadjah Society NFT

Apakah kamu tipikal orang yang cinta lingkungan? Jika iya, maka komunitas NFT ini mungkin akan cocok denganmu! Namanya Gadjah Society, kamu bisa mengunjungi website mereka di gadjahsociety.com atau melalui aplikasi Twitter pada akun @GadjahSociety.

Gadjah Society merupakan komunitas NFT yang bertujuan untuk melindungi hewan gajah di Indonesia melalui proses adopsi, pemberian makanan, serta mendukung proses perkembangbiakan gajah. Bergabung dengan komunitas ini sama dengan kamu turut berpartisipasi dalam konservasi alam, khususnya fauna yang hampir punah. Menarik, bukan?

6. TokoMall

TokoMall adalah pelopor NFT marketplace yang diluncurkan Tokocrypto pada Agustus 2021. TokoMall hadir dengan misi pemberdayaan potensi kreator lokal Indonesia dalam berbagai bidang kreatif untuk mengakses pasar global melalui pemanfaatan NFT. Misi TokoMall adalah digital NFT meets reality.

Baca Juga:   Apa itu Bitcoin: Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya

TokoMall kini telah memiliki lebih dari 80 partner, lebih dari 10.000 kolektor, dan lebih dari 8.000 koleksi NFT. Setiap bulannya, TokoMall aktif menghadirkan kelas-kelas edukasi NFT dengan komunitas dan kreator yang diadakan di akun YouTube Tokocrypto maupun diskusi di channel Discord. Untuk bergabung di TokoMall sebagai kolektor ataupun kreator, bisa mengakses www.tokomall.io

Referensi

  • Gadjah Society. Diakses pada 10 September 2022
  • IDNFT. Diakses pada 10 September 2022
  • IndoArtNow. Diakses pada 10 September 2022
  • Kreavi. Diakses pada 10 September 2022

*Disclaimer: Konten ini hanya bertujuan untuk memperkaya pengetahuan pembaca. Segala aktivitas investasi dan trading crypto, NFT, dan aktivias lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

❤ Keep in touch with us!

Telegram Channel: https://t.me/ineetmedia
Telegram Group: https://t.me/ineet_media