Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru, ikuti kami di Facebook sekarang

Kalian pasti pernah menemukan file dengan format .zip dan .rar bukan? Kedua jenis file tersebut disebut dengan file terkompresi (compressed file). File yang sudah dikompres akan memiliki ukuran yang lebih kecil, sesuai dengan namanya “kompres.” Jadi file akan dibuat menjadi paket-paket yang ringkas dan mudah untuk dikirim atau ditransfer ke orang lain.

Nah, mungkin ada dari kalian yang belum tau apa aplikasi atau software untuk ekstrak file dengan ekstensi tersebut. Dalam artikel ini saya akan merekomendasikan aplikasi untuk ekstrak file. Mari kita bahas.

2 Rekomendasi File Ekstraktor: Winrar & 7zip

2 Rekomendasi File Ekstraktor: Winrar & 7zip

2 Rekomendasi File Ekstraktor: Winrar & 7zip

1. WinRar

Winrar adalah sebuah software yang sangat berguna bagi para pengguna pc jaman sekarang sebagai media untuk menangani dan mengontrol file berkas yang ingin mereka kelola, winrar adalah software pembuat file ber extensions rar. Atau dengan kata lain software kompresyang akan memeperkecil ukuran file lalu kemudian file tersebut akan berubah menjadi rar, winrar tersedia di Sistem Operasi 32 bit dan 64 bit untuk Windows, linux, FreeBSD, DOS dan MacOS.

Pada Windows sendiri Winrar terdiri dari 2 versi yaitu:

  1. Versi grafik user interface: Winrar.exe
  2. Versi Command Line Console(versi text): Rar.exe

Winrar juga termasuk software shareware atau gratis yang dibuat oleh Eugene roshal, selain format rar winrar juga bisa mengkompres dan membuka file ber ektensi zip.

Winrar adalah software yang sangat bisa kamu andalkan untuk mengecilkan ukuran sebuah file, winrar bias memadatkan berkas hingga 40% jadi file yang telah di kompres menggunakan winrar akan berkurng 40% bobotnya, contohnya kamu akan mengcomperes file yang ber size 1000 Mb seelah kamu comperes ukuran file tadi akan berkurang 40% yaitu menjadi 600Mb, sangat memuaskan bukan kamu bisa menghemat ruang penyimpananmu sampai 40%.

1.A Kelebihan WinRar

1. Dukung Banyak Format

Walaupun memiliki nama rar, akan tetapi untuk format file yang didukung bukan cuman itu saja, ada beberapa format lain yang bisa dibuka oleh software berikut, termasuk diantaranya file image sekalipun yang biasa digunakan untuk kompres sistem operasi.

Dengan demikian menjadikan kalian tidak perlu lagi memasang banyak software untuk kebutuhan membuka file kompresi seperti itu. Dikarenakan hanya dengan WinRAR ini saja sudah cukup untuk melaksanakan beberapa tugas sekaligus.

2. Memiliki Sistem yang Canggih dalam Kompresi

Untuk melakukan kompresi ini sendiri telah menerapkan algoritma yang canggih, sehingga untuk tingkat keamanan data dan juga error bisa dilakukan minimalisir dengan baik. Jadi beberapa file error sekalipun tetap akan bisa dilakukan kompresi menggunakan WinRAR.

Baca Juga:   Apa itu Big Data AI: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Mungkin file error terjadi dikarenakan tidak cocok dengan sistem operasi yang berjalan atau beberapa alasan lainnya, dimana masih berkemungkinan untuk diperbaiki lagi di kemudian hari. Namun hal demikian tidak bisa dilakukan dengan sebaliknya.

Beberapa file yang error atau corrupt tidak bisa dilakukan extract, dengan beberapa alasan hal ini bisa saja terjadi. Akan tetapi kalian bisa mengatasinya dengan melihat dan membaca keterangan error yang muncul, ada permasalahan apa dari kegagalan extract tersebut.

3. Drag and Drop yang Mudah

Tidak perlu melakukan kompresi atau mungkin extract dengan cara melakukan klik sana sini sesuai dengan standar. Melainkan kalian bisa dengan mudah untuk melakukan drag and drop untuk melakukan kompresi file ataupun mengeluarkan file dari format rar.

Misal ada folder tertentu yang ingin kalian keluarkan dari format rar tersebut, pertama kalian bisa buka terlebih dahulu file induknya. Kemudian kalian bisa klik dan seret file yang ingin dikeluarkan ke arah folder baru di luar yang sudah dipersiapkan. Lepaskan, dan nantinya proses extract akan dimulai secara otomatis.

4. Perbaikan File Kompres

Walaupun sudah dilakukan kompresi memang sudah aman daripada malware, akan tetapi ada beberapa kejadian yang membuat file rar atau semacamnya tidak bisa dibuka, extract atau beberapa hal lain. Namun WinRAR ini menawarkan perbaikan terhadap file kompres yang mengalami mal-fungsi seperti itu, menjadikan pengguna tetap bisa mendapatkan datanya dengan aman.

Untuk prosesnya sendiri tergantung daripada ukuran file yang dilakukan perbaikan, dan tingkat keberhasilannya sendiri juga tidak begitu menjamin. Akan tetapi setidaknya kalian sudah berusaha untuk mencoba benahi dari file yang rusak tersebut terlebih dahulu.

5. Kompresi ke RAR dan ZIP

Untuk dukungannya memang banyak, akan tetapi aplikasi WinRAR ini hanya mendukung file kompresi ke dalam dua format berikut. Jadi ketika kalian ingin melakukan kompresi file dengan format lain, ya perlu mencari aplikasi yang memang sesuai dan mendukungnya.

Hal semacam ini sudah wajar terjadi untuk sebuah software, dikarenakan developer ingin fokus terhadap beberapa pekerjaan tertentu saja. Dikarenakan kalau menjangkau semuanya, akan terasa berat, dimana menjadikan software tersebut malah tidak bisa bermanfaat secara maksimal.

6. Reduce Kapasitas File

Namanya juga melakukan kompresi, dimana ukuran dari file bisa dilakukan pengurangan dan dipadatkan, sehingga hal demikian dapat menghemat ruang penyimpanan kalian. Walaupun tidak terlalu besar, melainkan hanya 10% saja, akan tetapi kalau diterapkan pada file yang besar tentunya ini akan berasa banget.

Baca Juga:   Apa itu Cashback: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Misalnya kalian memiliki file foto atau video juga dokumen dengan ukuran besar-besar, maka akan lebih aman jika dilakukan kompresi seperti berikut. Karena selain menghemat ruang juga bisa melindungi file dari adanya serangan malware atau mungkin intipan orang lain.

7. Password

Salah satu kelebihan WinRAR yakni bisa kalian sematkan password untuk melindungi file kompresi tersebut. Sehingga bukan cuman malware saja, melainkan teman sekalipun tidak akan dapat melakukan pencurian terhadap file tersebut.

Ada sih memang beberapa software pemecah password dari file seperti itu, akan tetapi hal tersebut bukanlah perkara gampang yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jadi, bisa dikatakan aman secara maya ataupun nyata.

1.B Fitur-Fitur Winrar

  • Mendukung arsip *.RAR dan *.ZIP 2.0;
  • Sangat canggih dengan algoritma kompres asli;
  • Memiliki algoritma khusus yang dioptimalkan untuk text, audio, graphics, 32-bit dan 64-bit Intel kompres executables;
  • Memiliki antar muka Shell yang menyertai fasilitas drag-and-drop dan Wizard;
  • Memiliki antar muka Command Line;
  • Mampu menangani berkas: 7Z, ACE, ARJ, BZ2, CAB, GZ, ISO, JAR, LZH, TAR, UUE, Z;
  • Mengkompres padat, dan dapat dinaikkan tingkat kompresi 10%

Kamu dapat mengunduh WinRar secara gratis melalui website resminya di sini. Pastikan kamu memilih versi yang sesuai dengan jenis Sistem Operasi yang kalian gunakan, baik versi 32 bit maupun 64 bit.


2. 7zip (7z)

Software ini sudah sangat lama sejak kehadiran pertama untuk digunakan, yakni pada tanggal 18 Juli 1999. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh Igor Pavlov dengan bahasa pemograman C++ dan Java. Sistem operasi yang didukung juga menyeluruh, yakni mulai dari Windows, Linux, MacOSX, MS-DOS, hingga BEOS.

Salah satu yang menjadikan aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna yakni terkait dukungan bahasanya yang banyak. Ada lebih dari 70 bahasa didukung, termasuk diantaranya Bahasa Indonesia, menjadikan software berikut bisa lebih dimengerti lagi dalam penggunaannya.

Bukan cuman membaca file kompresi saja, melainkan 7-Zip juga dapat digunakan untuk melakukan kompresi file. Akan tetapi tidaklah banyak format file yang bisa dibuatnya, karena cuman ada zip dan juga tar saja.

7-Zip bisa dijalankan dengan baik melalui antarmuka grafis, baris perintah ataupun integrasi shell pada sistem Microsoft Windows. Dan hebatnya lagi adalah software ini merupakan perangkat lunak yang bebas dan didistribusikan di bawah lisensi GNU, yang menjadikan siapa saja dapat mengembangkan software berikut untuk menawarkan varian lebih beragam dan fitur tertentu untuk membantu pengguna.

Baca Juga:   iPhone 14 Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

2.A Kelebihan 7Zip

1. Mendukung Banyak Format

Untuk kelebihan pertama yang penting untuk diperhatikan jelas terkait dukungannya terhadap banyak format file, sehingga pengguna tidak perlu pusing lagi dalam memikirkannya. Hampir semua format kompresi bisa dibuka dan dilakukan extract oleh 7-Zip.

Akan tetapi untuk masalah kompresinya sendiri tidak bisa melakukannya dengan banyak format juga. Hal itu bisa diketahui dalam fitur pada point kedua yang sudah disampaikan terkait beberapa macam format yang bisa dilakukan kompresi oleh 7-Zip.

2. Berjalan di Seluruh Sistem Operasi

Sebagian besar pengguna Desktop di Indonesia mengandalkan sistem operasi Windows, dan sebagai layanan kompresi 7-Zip ini sudah banyak diadopsi. Akan tetapi pengguna perangkat lain seperti MacOS atau Linux yang populer juga, tidak perlu khawatir karena software ini juga dapat mendukung di OS tersebut.

Hanya saja untuk cara mendapatkan dan memasangnya mungkin sedikit berbeda. Dimana kalian bisa melakukan pencarian dan mendapatkannya cuman di situs resminya, jangan terkecoh dengan penyedia aplikasi pihak ketiga yang terkadang menawarkan beberapa malware di dalamnya.

3. Gratis

Tidak perlu membayar sepeser pun untuk mendapatkan aplikasi 7-Zip ini di seluruh sistem operasi, dikarenakan sifatnya yang open source bahkan pengguna juga diberikan kesempatan untuk mengembangkannya juga kalau memang berminat.

Jadi dengan demikian ketika kalian mendapatkannya di situs resminya langsung tidak perlu khawatir akan dipungut biaya untuk dukungan software tersebut layaknya beberapa aplikasi pesaing lainnya. Terlebih ketika mendapatkannya dari situs resmi juga bisa lebih terjamin kebersihan file instalasi, alias tidak ada malware atau source code berbahaya yang ditambahkan.

4. Kompresi yang Mantap

Berbeda dengan format lainnya, dimana 7-Zip ini bisa menawarkan kapasitas file kompresi yang lebih mantap. Hal itu dikarenakan format 7z ini bisa membuat ukuran file lebih kecil daripada format kompres lainnya, dengan ukuran dan jumlah file mentah yang sama.

Untuk kalian yang mungkin ingin lebih menghemat ruang, tentunya 7-Zip ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mengamankan data dan juga kapasitas ruang kalian agar tidak terlalu cepat penuh, lantaran banyaknya file yang menumpuk.

2.B. Fitur-Fitur 7Zip

  • Rasio Kompresi Tinggi
  • Mendukung Banyak Format File
  • Rasio Kompresi Lebih Baik
  • Enkripsi File yang Kuat
  • Integrasi Windows Shell dan CLI
  • Pengelolaan Berkas yang Handal

Kamu dapat mengunduh 7zip secara gratis melalui website resmi mereka di sini. Pastikan kamu memilih sesuai kebutuhan dan sesuai dengan sistem operasi yang kamu butuhkan ya!


Baiklah, itu dia 2 Rekomendasi File Ekstraktor: Winrar & 7zip. Kalau kamu lebih memilih yang mana nih?

Bagikan artikel ini dan jangan lupa untuk berkomentar!

❤ Keep in touch with us!

Telegram Channel: https://t.me/ineetmedia
Telegram Group: https://t.me/ineet_media